Contoh Buah Endemik

2. Rambai



      Contoh buah endemik selanjutnya yang akan kita bahas yaitu buah rambai. Rambai (Baccaurea motleyana) adalah sejenis buah-buahan dan tumbuhan yang tumbuh liar atau setengah liar di kebun Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia, dan Indonesia (terutama Sumatera dan Kalimantan). Buah rambai masih berkerabat dekat dengan buah menteng atau kepundung. Perbedaan dari kedua buah ini yaitu buah dan bunga dari buah menteng tumbuhnya di ujung dahan. Selain itu, rasa buah rambai relatif lebih manis.

Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliospida
Ordo : Malpighiales
Famili : Phyllanthaceae
Genus : Baccaurea
Spesies.   : B. Motleyana

 Manfaat Buah Rambai

  • Membantu melancarkan sistem pencernaan

Buah rambai merupakan buah dengan kandungan serat yangcukup tinggi, sehingga buah rambai baik untuk membuat proses mengolah makanan di dalam organ pencernaan menjadi lebih lancar.

  • Mengatasi dehidrasi

Buah rambai dengan kandungan airnya yang begitu banyak ini dapat membantu dlaam mengatasi dehidrasi.

  • Sumber tenaga bagi tubuh

Buah rambai merupakan buah yang memiliki cukup banyak vitamin dan mieral serta protein yang akan menjadi energi katika dikonsumsi, hal ini dapat membuat tubuh kita tidak mudah letih ataupun lelah.

  • Nutrisi ibu hamil pasca melahirkan

Salah satu buah yang dapat menjadi sumber makanan sehat bagi ibu hamil pasca melahirkan yaitu buah rambai. Ibu hamil yang baru saja melahirkan membutuhkan bayak gizi untuk memulihkan kesehatan tubuhnya. Karena buah rambai yang mengandung cukup banyak vitain dan mineral, hal ini dapat membantu dalam memberikan energi dan tenaga bagi ibu hamil setelah melahirkan.

  • Dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit


Comments