Contoh Buah Endemik

1. Jambu Bol

    Contoh buah endemik yang akan kita bahas pertama kali adalah jambu bol. Jambu bol merupakan pohon buah kerabat jambu-jambuan. Jambu bol memiliki tekstur daging buah yang sangat lebut dan padat. Pohon jambu bol dapat mencapai ketinggian 15 meter dengan batanag lurus dan bercabang rendah. Jambu bol dkenal dengan naman yang berbeda-beda di setiap daerah. Di Bali, jambu bol biasa disebut dengan sebutan nyambu bol, di daerah Makassar masyarakat biasa menyebut jambu bol dengan sebutan jambu bolo, jambu bolu di daerah Bugis, jambu darsana dalam bahasa Jawa, dan kupa maaimu dalam bahasa Sulawesi Utara.
   Asal-usul pohon buah ini belum diketahui dengan pasti, akan tetapi jambu bol ditanam luas sejak lama di Semenanjung Malaya, Sumatera dan Jawa. Namun, karena manfaatna jambu bol kini ditanam di banyak negara tropis, termasuk di negara-negara Karbia seperti Jamaika serta Trinida dan Tobago. 

Klasifikasi Jambu Bol
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliospida
Ordo : Myrtales
Famili : Myrtaceae
Genus : Syzygium
Spesies    : S.malaccense

Manfaat Jambu Bol
  • menyehatkan mata
Jambu bol yang diketahui mengandung vitamin A, dapat membuat mata menjadi lebih sehat sehingga penglihatan bisa lebih tajam dan jelas.
  • Mencegah Osteoporosis
Buah jambu bol yang mengandung zat besi akan membuat tulang menjadi lebih sehat dan kuat, sehingga pengkonsumsi dapat terhindar dari berbagai penyakit tulang seperti pengeroposan tulang dan juga osteoporosis
  • Mencegah Diabetes
Jambu bol dapat menjadi pengganti gula yang seringkali dikonsumsi. Kandungan gula yang terdapat dalam buah ini lebih rendah dan sudah mencukupi kebutuhan gula di dalam tubuh sehingga kadar gula darah akan tetap stabil.
  • Mencegah Penuaan Dini dan Pelembab Kulit
Jambu bol juga diketahui mengandung vitamin D, sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga mencegah terjadinya penuaan dini serta dapat membuat kulit terhindar dari kekeringan serta kusam sehingga kulit menjadi lembab dan kenyal.
  • Menyuburkan Rambut
Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam jambu bol juga bermanfaat untuk menguatkan akar rambut sehingga rambut dapat tumbuh dengan kuat. Selain itu, jambu bol juga dapat dipergunakan untuk mencegah rambut menjadi kering dan bercabang.
  • Melancarkan Sistem Pencernaan
Untuk sebagian orang yang mengalami gangguan pencernaan seperti susah buang air besar yang terjadi karena kekurangan serat, hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi jambu bol sebab jambu bol yang tinggi akan serat dapat melancarkan sistem pencernaan.

Comments